Agen Bola Paris Saint-Germain Jadi Klub Kaya Mendadak

Paris Saint-Germain Jadi Klub Kaya Mendadak

Paris Saint-Germain Jadi Klub Kaya Mendadak

Agen Bola – Ternyata tidak hanya pengusaha Eropa dan Amerika Serikat yang tertarik untuk melakukan ekspansi bisnisnya di dunia sepakbola “benua biru” tersebut. Sejumlah pengusaha asal tanah Arab juga banyak yang berminat untuk mencoba bisnis di kompetisi sepakbola Eropa, dengan membeli beberapa klub, mulai dari yang hanya tim gurem hingga klub besar. Bahkan, di Liga Inggris ada banyak nama pengusaha Arab yang mendapatkan status sebagai pemilik klub-klub di Negara tersbeut. Sebut saja nama Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan di Manchester City sejak 1 September 2008, dan Sulaiman Al Fahim di Portsmouth pada tahun 2009, yang keduanya merupakan pengusaha asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Kemudian, ada pula raja minyak dari Arab Saudi yang juga merupakan pangaran dan cucu pendiri kerajaan tersebut, Abdullah bin Mosaad bin Abdulaziz Al Saud. Ia baru saja membeli lebih dari 50 persen saham Sheffield United, klub yang bermain di divisi tiga Liga Inggris, League One, dan sekarang memimpin klub tersebut bersama pebisnis lokal, McCabe. Masih banyak lagi, pengusaha Arab lainnya yang tertarik untuk mengakuisisi kloub-klub Liga Inggris. Termasuk juga rumor tentang pengusaha asal Uni Emirat Arab dan Qatar yang ingin membeli Arsenal dengan harga mencapai 1,5 miliar poundsterling, atau sekitar Rp 21,8 triliun. Begitu pula Pangeran Faisal bin Fahd bin Abdullah asal Arab Saudi yang dikabarkan juga berniat membeli sebagian besar saham Liverpool dengan harga Rp 5,15 triliun.

Selain itu, beberapa klub besar Eropa lainnya di luar Liga Inggris juga banyak yang telah dikuasai oleh para pengusaha asal Arab tersebut. Salah satunya adalah klub asal Liga Prancis, Paris Saint-Germain. Perusahaan Qatar Investment Authority membeli 70 persen saham klub tersebut dengan harga 50 juta euro pada tahun 2011, dan kemudian membeli lagi sisanya dengan total harga menjadi 100 juta euro pada tahun 2012. Pengusaha asal Qatar, Nasser Al-Khelaifi menjadi presiden klub berjuluk Les Parisiens itu dan menjadikannya sebagai klub terkaya di Prancis. Berkat kucuran dana yang banyak itu, Paris Saint-Germain mampu membeli banyak pemain bintang, dan telah menghabiskan dana mencapai total 364 juta euro, atau hampir Rp 4 triliun sejak musim 2011/2012. Tapi, hasilnya jelas, yaitu juara liga dan Trophee des Champions musim 2012/2013 lalu.

Hingga saat ini, disebutkan bahwa investasi dari Uni Emirat Arab di dunia sepakbola Eropa telah mencapai 1 miliar poundsterling, atau sekitar Rp 15 triliun. Jumlah itu bisa jadi belum termasuk dana sponsor yang diberikan oleh Emirates Airlines untuk klub Liga Italia AC Milan dan klub asal Spanyol Real Madrid. Kemudian, ada pula tim raksasa lainnya dari Spanyol, Barcelona yang juga ikut merasakan kucuran dana dari pengusaha Arab, melalui Qatar Foundation dan perusahaan penerbangan Qatar Airways. Agen Bola