Berita Bola Online Tokyo Merebut Hati Komite Olimpiade 2020

Tokyo Merebut Hati Komite Olimpiade 2020

Tokyo Merebut Hati Komite Olimpiade 2020

Berita Bola Online – Menjadi tuan rumah suatu turnamen atau ajang bukanlah sekedar memberi keuntungan untuk tim nasional yang berlaga karena mendapat dukungan penuh dari suporter negaranya. Berbagai keuntungan lain pun diperoleh oleh suatu negara atau kota yang mendapat kehormatan sebagai penyelenggara. Antara lain meningkatnya jumlah wisatawan, dan ajang promosi gratis untuk nilai pariwisata dari negara tersebut, yang pada akhirnya memberi keuntungan dengan bertambahnya devisa negara. Lainnya, adalah membubung tinggikan semangat dan antusiasme dari warga negaranya.

Rupanya, inilah yang membuat ketiga kota ini bersaing untuk menjadi tempat diselenggarakannya Olimpiad 2020 mendatang. Istanbul, Madrid, dan Tokyo. Sebelumnya memang Istanbul yang masih menghadapi konflik serta Tokyo dengan masalah kebocoran gas, dikabarkan hampir tak memiliki kans untuk dipilih oleh anggota IOC. Tapi setelah dua kali voting dilakoni, Tokyo menjadi favorite menepikan Madrid dan Istanbul. Akhirnya, Olimpiade 2020 akan diselenggarakan di ibu kota Jepang ini. Minggu kemarin, rapat internal International Olimpiade Comitee atau Komite Olimpiade Internasional IOC di laksakan di Buenos Aires. Pemilihan untuk lokasi Olimpiade telah dimulai dengan kampanye dari masing-masing kota, yang juga diisi dengan ajang tanya jawab.

Dan melalui proses pemungutan suara, akhirnya mengeluarkan nama Tokyo sebagai peraih suara terbanyak, dengan dipilih oleh 60 suara dari 103 anggota IOC. Sedangkan di voting kedua ini, Istanbul hanya mengumpulkan 36 suara. Voting harus dilakukan sebanyak dua kali setelah di ronde pertama, Istanbul dan Tokyo sama-sama meraih hasil suara yang sama. Sedangkan Madrid telah lebih dulu gugur dengan memperoleh peminat lebih sedikit. Catatan bahwa, anggota IOC dari kota ataupun negara yang mencalonkan diri tak memiliki hak pilih.

Rupanya, anggota Komite telah jatuh hati pada ide untuk menyelenggarakan Olimpiade di Tokyo sebagai ajang terapi pemulihan untuk pemuda Tokyo setelah guncangan gempa bumi yang menewaskan ratusan ribu korban jiwa. Para pemilih cukup yakinj bahwa Tokyo dapat mengatasi kebocoran gas PLTN akibat gempa yang sempat dikhawatirkan mengganggu jalannya turnamen. Menjadi tuan rumah Olimpiade bukanlah pengalaman pertama untuk Tokyo, sebelumnya pada Olimpiade 1964 pun diselenggarakan di kota cantik ini. Dilansir dari Sky Sports, disebutkan bahwa Jacques Rogge selaku presiden IOC, mengucapkan selamat pada Tokyo yang terpilih menjadi tuan rumah.

“Tokyo, Istanbul maupun Madrid, kami percaya bahwa ketiga kota tersebut dapat berlakon sebagai penyelanggara Olimpiade dengan spektakuler. Tapi rupanya, anggoto IOC dibuat jatuh hati oleh Tokyo, apalagi ketika kampanye mereka memunculkan ide brilian dengan semboyan yang membangkitkan semangat, “discover tomorrow”. Bukan hanya itu, Tokyo menunjukan bagaimana mereka nanti kana menjamin keamanan selama pertandingan, dan juga mengatur acara agar semua pihak, baik atlet, ofisial, hingga penonton dan suporter merasa nyaman. Mereka merebut hati kami,” ungkap Rogge. Berita Bola Online