Bola Online Fokus Klub Napoli 2012-13

Fokus Klub Napoli 2012-13

Fokus Klub Napoli 2012-13

Bola Online – Musim yang sempurna, hampir saja. Azzurri berhasil memenuhi ekspektasi, bila tidak bisa disebut melebihi, Serie A musim 2012/13. Mereka menjadi runner up dan mengesankan seluruh Italia dengan gaya permainan yang menarik.

Satu-satunya cacat dalam performa mereka hanya di ajang piala. Mereka kalah di babak 16 besar Coppa Italia melawan Bologna dan di Europa League kalah melawan klub kecil Viktoria Plzen di kandang maupun tandang. Walau tidak meeraih trofi, ini merupakan tahun yang luar biasa bagi Walter Mazzarri dan skuad besutannya. Sang pelatih berhasil menutup lubang yang ditinggalkan Ezequiel Lavezzi dengan menarik potensi di dalam diri Lorenzo Insigne dan mengoptimalkan Goran Pandev yang mulai menua.

Mazzarri juga mengatur posisi Marek Hamsik menjadi salah satu pemain tengah paling berbahaya di Italia, mencetak 12 gol dari belakang kedua striker. Dan ini semua tanpa menyebutkan kehebatan Edinson Cavani, yang menjadi top scorer Serie A dnegan 29 gol. Neapolitan pun menjadi tim tersubur di Serie A dengan 73 gol. Klub ini tidak terkalahkan hingga minggu kedelapan, saat mereka akhirnya kesulitan di Stadion Juventus. Dengan pers Italia mencari-cari siapa tim Serie A yang bisa menyaingi Juventus, penantang rutin seperti Lazio, Inter, AC Milan, dan Roma satu demi satu takluk. Hanya satu tim yang bisa menantang  Si Nyonya Tua hingga sejauh mungkin, menjaga pertarungan titel sejauh yang mereka bisa. Tim itu adalah Napoli.

Sistem tiga bek Mazzarri, dengan pemain yang dia miliki, bisa dibilang jauh melebihi ekspektasi, dengan berhasil menjadi pertahanan kedua terbaik di liga. Strategi tiga bek pun menjadi tren baru di Serie A. Bisa dibilang bahwa bersama Udinese besutan Francesco Guidolin, keduanya melahirkan kembali taktik ini, yang kemudian diadaptasi Juventus dengan amat menghancurkan.

Namun dengan kesuksesan ini, harga yang amat mahal harus dibayar. Walter Mazzarri memutuskan untuk berhenti melatih Azzurri, klub tujuannya masih belum diketahui. Ini merupakan kehilangan besar dengan begitu banyak yang Napoli raih di bawah besutan eks pelatih Sampdoria itu dan banyak yang bertanya-tanya apakah sang pemilik Aurelio De Laurentiis telah melakukan semua yang dia bisa untuk mempertahankan Mazzarri. Mazzarri meninggalkan warisan bukan hanya untuk Napoli, tapi juga ikut membentuk filosofi sepakbola Italia saat ini. Bola Online