Bola Online Stadion Eropa Juga Mempunyai Musala dan Masjid

Stadion di Eropa Juga Mempunyai Musala dan Masjid

Stadion di Eropa Juga Mempunyai Musala dan Masjid

Bola Online – Klub profesional di Liga Primer Rusia yaitu Rubin Kazan membangun sebuah mushala di dalam stadion baru mereka yaitu Rubin Stadium. Tempat ibadah yang dibangun untuk pemain atau fans muslim oleh klub merupakan bentuk penghargaan serta sikap toleransi dari manajemen. Dimulai pada musim kompetisi 2013-2014 ini, Rubin Kazan menempati stadion yang baru. Kompleks olahraga tersebut juga akan dipakai untuk pertandingan Piala Dunia 2018 nanti di Rusia. Stadion yang mempunyai kapasitas 45 ribu penonton tersebut bermarkas di Kazan. Kota ini mempunyai jumlah penduduk muslim mencapai 55 persen dari seluruh penduduk kota.

Klub di Liga Inggris yaitu Blackburn Rovers juga menyediakan layanan ruang ibadah untuk fans mereka. Sejak tahun 2008 di kompleks stadion Ewood Park tersedia ruang khusus untuk ibadah, namun bisa dimanfaatkan oleh semua kepercayaan. Dimana ada satu teras yang bisa dipakai untuk beragam agama. Direktur Pelaksana Rovers yaitu Tom Finn, menjelaskan jika ruang ibadah di stadion tersebut memang dirancang sebagai ruangan yang sepi dengan adanya fasilitas kedap suara. Hal ini akan membuat ibadah menjadi nyaman dan tenang. Klub juga mempunyai harapan agar bisa mendatangkan penonton lebih banyak lagi melalui fasilitas ini.

Sebenarnya ada Bolton Wanderees yang merupakan klub pelopor yang membangun ruang ibadah di dalam stadion. Pada tahun 2006 yang lalu, salah satu klub di Liga Inggris yang berdiri pada tahun 1874 tersebut telah membangun ruang ibadah untuk fans mereka. Seperti Rovers dan Kazan, Bolton Wanderers juga menyiapkannya untuk penggemar dengan seluruh agama. Tempat ibadah tersebut disebut sebagai ruang senyap. Sedangkan yang terbaru di Inggris yaitu Newcastle United. Dimulai pada tahun ini, klub itu mempunyai ruang ibadah khusus di stadion mereka. Semua pemain dengan agama yang berbeda bisa memanfaatkannya.

Ada tujuh orang pemain muslim di Bolton Wanderers yang saat ini mempunyai tempat khusus untuk melakukan salat. Sebelumnya para pemain tersebut melakukan salat di ruang-ruang seadanya saja. Sedangkan di Jerman, Bayern Muenchen juga akan membangun masjid di Stadion Allianz Arena. Sang juara Liga Champions 2013 tersebut mendedikasikan tempat ibadah itu untuk pemainnya beragama Islam dan fans mereka yang muslim. Rencana tersebut berawal dari permintaan pemain penyerang andalan mereka yaitu Frank Ribery yang beragama Islam sejak menikahi wanita asal Maroko pada tahun 2006.

Ribery sebenarnya Cuma meminta ruang kecil yang bisa dipakai untuk salat. Namun manajemen akhirnya membangun masjid yang juga disertai adanya imam masjid yang bekerja dengan waktu penuh. Mengenai biaya, klub menanggung 85 persen dan sisanya diserahkan pada pemain serta fans untuk berpartisipasi. Cara seperti ini memang tidak sama dengan yang telah dilakukan oleh klub-klub yang lain. Semua biaya pembangunan mendapat dari keuangan klub itu sendiri. Bola Online