Bola Online Zona Oseania Cukup Menjanjikan Untuk Indonesia

Zona Oseania Cukup Menjanjikan Untuk Indonesia

Zona Oseania Cukup Menjanjikan Untuk Indonesia

Bola Online – Baru-baru ini pecinta sepakbola tanah air dikejutkan dengan sebuah kabar mengejutkan dari Timo Scheuneman, mantan direktur pembinaan pemain muda PSSI. Timo menyarankan agar Indonesia pindah ke zona Oseania demi menjaga kesempatan lolos ke Piala Dunia. Menurut Timo Zona Asia terlalu sulit untuk Timnas Indonesia.

Di kawasan Asia Tenggara saja Timnas kesulitan jika harus bertemu dengan Thailand, Singapura, dan Malaysia. Dan di Zona utama Asia Timnas harus menghadapi Jepang, Korea Selatan, Cina, Arab Saudi, Iran, dan Australia. Sempat beberapakali muncul wacana untuk melanggengkan niat Indonesia untuk dapat tampil di Piala Dunia, sebuah kejuaran sepakbola terbesar di Dunia. Semua Negara menginginkan dapat tampil di kejuaraan tersebut. Sempat muncul niatan menjadikan Indonesia sebagai Tuan rumah Piala Dunia agar Timnas dapat tampil di Piala Dunia tersebut. Namun hal tersebut di tentang banyak pihak dengan berbagai alasan.

Menurut wacana yang yang di sampikan Timo ini, peluang Indonesia jauh lebih besar jika Indonesia pindah ke Oseania yang dihuni oleh Negara-negara yang tidak memiliki kultur sepakbola sebesar di kawasan Asia. Jika pindah, Indonesia cukup bersaing dengan 11 negara saja, dan 11 negara tersebut juga Negara-negara kecil. Bandingkan dengan di Asia dengan 46 negara yang harus Indonesia hadapi.

Jika Indonesia benar-benar pindah, maka Indonesia berada di peringkat 5 di Oseania berdasarkan peringkat FIFA juli 2013. Indonesia hanya kalah dari Selandia Baru, Kaledonia, Tahiti, dan Kepulauan Salomon. Kalau Indonesia berada di zona Oceania, Indonesia akan melaju ke penyisihan melawan peringkat empat Concacaf yang kemungkinan akan di tempati oleh Honduras, Panama, atau Jamaika. Dilihat dari peluang tersebut, kemungkinan kita masih bisa bersaing dengan lawn-lawan yang disebutkan tadi. Mengingat Indonesia pernah mengalahkan Jamaika 2-1 di Jakarta pada Juni 2007 silam.

Walaupun hal tersebut masih sekedar wacana, namun hal ini terlihat sangat realistis dan cukup menjanjikan untuk Indonesia dapat tampil di Piala Dunia. Tampil di Piala Dunia adalah impian terbesar sepakbola Indonesia. Namun demikian tidak terlepas beberapa hal yang cukup menghawatirkan dan sulit jika di tinjau dari sisi lain. Indonesia pernah gagal dalam kualifikasi Piala Dunia 1982 dari Negara Oseania. Kala itu tergabung dalam grup A bersama selandia baru, Australia, Taiwan, dan Fuji. Di luar Taiwan ketiga lawan Indonesia kala itu berasal dari Oceania. Selain pengalaman pahit tersebut, hal lain yang harus dipertimbangakam kembali adalah laga-laga kompetitif seperti Piala AFF yang akan sulit di dapat jika Indonesia masuk kawasan Oseania. Hal tersebut tidak bisa dipungkiri. Laga-laga yang sangat seru sering tersaji di piala AFF dan mungkin akan sulit didapat di zona Oseania. Bola Online