Presiden Valencia Menolak Penjualan Saham Valencia

Presiden Valencia Menolak Penjualan Saham Valencia

Presiden Valencia Menolak Penjualan Saham Valencia

Presiden Valencia Amadeo Salvo mengatakan bahwa pihaknya tidak akan pernah berniat untuk menjual klubnya. Beberapa periode lalu sempat ada wacana untuk memasukkan nama Valencia ke dalam proses penjualan klub namun sempat mendapat tentangan dari sejumlah pemegang saham. Amadeo Salvo mengungkapkan bahwa pihak tersebut adalah para bankir, yang berniat untuk menjual klub dan hal ini tentu saja menentang keputusan dari pihak dewan direktur dan pendukung klub. Sejauh ini tidak ada yang tahu pihak mana yang merasa paling dirugikan atas kesulitan keuangan dari kubu La Liga, dengan pihak ‘yayasan’, yang kemudian ditebus keluar oleh pihak pemberi pinjaman dan pemerintahan lokal, semua memiliki saham setelah satu tahun masa pinjaman, sehingga memberikan garansi dan sejumlah rencana pemulihan cadangan.

 Salvo mengatakan kepada pihak media lokal bahwa Valencia sudah sepatutnya dijual kepada pihak yang hanya bertanggung jawab atas perkembangan dalam proyek olahraga, dengan ketentuan yang dapat diterima oleh semua pihak yang terkait. “Pihak bankir tidak akan menjual Valencia pada hari ini, saya akan memberikan penekanan terhadap hal tersebut,” tutur Salvo. “Jika seseorang mendatangi kami dan ingin membeli Valencia, maka hal itu harus terjadi di sini, dihadapan para pemegang saham, dan mereka sekaligus diminta untuk menunjukkan sebuah proyek olahraga untuk mempresentasikannya. “Hingga hakim mengatakan hal berbeda, maka kami tetap memiliki klub ini. Saya selalu mengatakan bahwa kami harus menerima penawaran paling tidak sedikitnya mencapai 250 juta euro.”

Hutang Valencia (klub) konon mencapai 350 juta euro kepada sejumlah beberapa kreditor, diantaranya pihak para bankir – yang telah menerima dana darurat dari Uni Eropa dan pemerintah Spanyol dalam beberapa tahun terakhir – dan berhutang sekitar 200 juta secara langsung. Bank ini juga berutang 86 juta lain dari ‘yayasan’, yang dalam teori memegang saham mayoritas di klub tersebut. Pihak bankir tentu memiliki alasan tertentu dan memungkinkan untuk mengkaji ulang pembiayaan atas utang bagi klub untuk membangkitkan kembali dan hal ini diutarakan oleh Salvo. “Jika mereka tidak mengizinkan kami melakukan kajian ulang dari segi pembiayaan, maka sudah pasti mereka ingin menyulitkan kondisi kami,” lanjut Salvo.

“Mungkin klub ini mengalami kerugian, namun kami dapat membersihkannya dan kami butuh waktu untuk itu. Bukan waktu dari pihak manajemen tim, melainkan dari klub ini sendiri. Saya yakin segala sesuatu masih bisa menemukan jalan keluar.” Pihak bankir mengeluarkan pernyataan dalam sebuah Rapat Umum Pemegang Saham, bahwa pihaknya tidak yakin terhadap kelanjutan rencana klub dan ingin mendatangkan sejumlah investor yang baru guna mempercepat proses itu. “Tentu saja pencarian investor itu tidak terlepas dari pencarian investor yang akan memperhatikan dari segi sosial dan ekonomi yang baik untuk olahraga adalah jalan yang paling layak bagi pihak Yayasan,” bunyi pernyataan tersebut. “Bankir tidak menerima rencana berkelanjutan untuk menanggapi ulang proses pembiayaan pinjaman.”

Menurut stasiun radio Spanyol menunjukkan bahwa salah satu kerugian klub sudah terlihat kala mereka mengurangi kerugian dari lebih 550 juta euro hingga 350 juta euro dalam kurun lima tahun belakangan (sebagaimana pemain berkelas semacam David Villa, David Silva, Juan Mata, Jordi Alba dan Roberto Soldado keseluruhannya telah laku terjual). Sementara itu pendapatan klub dari 158 juta euro anjlok ke angka 118 juta euro dalam empat tahun terakhir, di mana tiket hasil penjualan telah menurun drastis lebih dari setengah dari periode tersebut. Pihak klub juga memiliki konsekuensi tidak tampil di kompetisi Liga Champions pada musim ini. Konon pihak klub juga sedang membutuhkan tambahan pinjaman 200 juta euro untuk menyelesaikan proses pembangunan stadion ‘New Mestalla’, kendati setelah stadion baru ini berdiri, maka mereka (kemungkinan) mengalami peningkatan dari segi penjualan dari tempat tinggal mereka saat ini.